BIDANG EKONOMI

Penyaluran Zakat, Infaq dan Sedekah pada bidang ekonomi menjadi salah satu fokus LAZ DPU Kaltim dalam memberdayakan dhuafa agar mampu meningkatkan kesejahteraan dan menjadi mandiri dalam taraf ekonomi.

Target utama dalam penyaluran zakat, infaq dan sedekah di bidang ini adalah dhuafa dapat terbangun mindset bangkit berdaya, terbantukan pengembangan usaha, dan dapat mengeluarkan sedikit demi sedikit dhufa dari jeratan rentenir yang biasanya memberikan pinjaman modal atau pemenuhan kebutuhan hidup dhuafa sehari-hari yang akhirnya dapat menjerat keluarga dhuafa menjadi lebih terpuruk dalam ketidakberdayaan.

Program yang digulirkan kepada dhuafa pada aspek ekonomi adalah:

1. Bisa Mandiri

Bisa Mandiri adalah bantuan yang sifatnya perorangan untuk dapat dibantu baik dari sisi pelatihan usaha, permodalan kecil, pembukaan usaha, pendampingan dan mentoring usaha dari mitra LAZ DPU Kaltim.

Bisa Mandiri dicanangkan dapat produktif dan berhasil minimal menambah wawasan dalam pengelolaan usaha untuk dapat berkembang, dan kemudian dapat difasilitasi kepada mitra-mitra LAZ DPU Kaltim yang dapat mengembangkan usaha lebih besar lagi.

2. Bina Produktif

Bina Produktif adalah bantuan yang sifatnya dikelola oleh komunitas masyarakat di komunitas dhuafa dalam usaha bersama untuk menjadi sentra produksi produk yang dapat menjadi alternatif pilihan masyarakat di Kalimantan Timur untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Bina Produktif biasanya dimulai dari komunitas-komunitas masyarakat yang mau didampingi dan dilibatkan dalam rangka membantu keuangan keluarga dan kokoh dalam aktifitas sosial kemasyarakatan.